Thursday, July 29, 2010

Pelatihan Enterpreneurship

Untuk saat ini, bagiku memberikan training motivasi untuk sukses ujian nasional, motivasi untuk leadership maupun motivasi untuk enterpreneurship sama saja, teknik dan caranya. Yang penting bagaimana bicara dan mempengaruhi peserta dengan melalui emosi, perasaan dan pikiran bawah sadarnya.

Karena itulah ketika Mas Yudi Direktur AKP Widya Buana Semarang memintaku untuk mengisi kuliah soft skill dengan tema enterpreneurship, aku sanggupi dan aku siapkan materi “Be an Enterpreneur”. Materi pelatihan ini aku awali dengan memahami potensi diri kita sebagai hambaNya yang mulia, memahami tentang fungsi otak dan kedahsyatan otak bawah sadar. Selanjutnya aku berikan mindset of an enterpreneur yaitu Visioner, Commitment dan Trust.

Visioner aku uraikan bahwa seorang enterpreneur memiliki daya imaginatif, kreatif dan motivatif. Daya imaginatif adalah kemampuan untuk membayangkan kejadian pada masa mendatang, tentang diri sendiri akan menjadi apa dan seperti siapa? Tentang bisnisnya akan mengalami perkembangan seperti apa dan hasil seberapa besar? Sehingga dirinya memang seorang yang visioner.

Kreativitas dan inovasi yang terus dikembangkan akan mempermudah untuk menyempurnakan visi seorang enterpreneur di masa mendatang, sehingga kreativitas dan inovasi tersebut semakin memperkuat daya imajinasinya.Imaginatif, kreatif dan motivatif adalah kekuatan yang akan memperbesar mindset enterpreneur dalam karakter visionernya!

Commitment aku uraikan dengan sifat konsisten yaitu selalu teguh dengan visi masa depannya, kemampuan untuk fokus atau konsentrasi pada masa depan dan kesuksesan dan sifat gigih atau tidak akan berhenti berusaha sebelum impiannya terwujud. Konsisten, fokus dan gigih dalam mengusahakan dan memperjuangkan kesuksesan masa depan adalah wujud dan mindset seorang enterpreneur dalam karakter commitmentnya!

Di samping visioner dan komitmen seorang enterpreneur juga memiliki karakter trust yang artinya terpercaya! Trust ini aku uraikan pada sifat credible atau jujur, accountable atau memiliki tanggung jawab atas setiap tugas dan amanah, serta terakhir confidence yakni memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Dengan sifat – sifat credible ini maka seorang enterpreneur dapat membangun kepercayaan (building trust) baik pada dirinya sebagai pebisnis, pada produk atau barang/jasa dalam bisnis yang dijalankan, sekaligus kepercayaan orang pada lembaga bisnis atau perusahaannya.

Inilah mindset seorang enterpreneur yang harus dimiliki jika seseorang ingin menjadi seorang pengusaha!

Materi tersebut aku berikan pada sesi pertama yang berakhir menjelang waktu break istirahat/sholat dan makan siang.

Pada sesi kedua setelah ishoma aku berikan konsep tentang Be Do Have. Dengan menyiapkan Be Do Have ini, adalah sebagai pedoman untuk take action. Cara mengerjakannya diawali dengan penulisan Have yakni apa yang anda inginkan tercapai pada bisnis anda pada periode waktu tertentu, kemudian Do yaitu apa yang harus Anda lakukan agar Have bisa diwujudkan, Do harus relevan dengan Have dan merupakan physical activity atau aktivitas fisik. Dan terakhir penulisan Be yaitu persyaratan yang harus dipenuhi, Anda harus menjadi orang seperti apa agar Do bisa dilakukan. Be ini merupakan karakter positif seperti disiplin, tanggung jawab, optimis, ceria, selalu bersyukur dan lain sebagainya.

Agar semakin jelas langkah yang harus dilakukan untuk menjadi seorang enterpreneur, maka konsep BE DO HAVE harus ditulis lengkap dan matang. Materi pelatihan enterpreneurship ini Alhamdulillah dapat aku sampaikan dengan penuh antusias pada hari Ahad 14 Maret 2010 di Pondok Duyung Purwokerto.

Hasilnya luar biasa. Ini bisa aku baca dari kesan dan pesan yang ditulis oleh para peserta seusai training ini. Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah atas seluruh karuniaMu yang Engkau curahkan pada hari itu dan hari – hari di masa mendatang. Amin! (28 Maret 2010; 20.54)

No comments: