Thursday, July 1, 2010

FR di Semarang

Untuk kedua kalinya aku mengikuti seminar Financial Revolution (FR) oleh Mr. Tung Desem Waringin. Seminar ini dilaksanakan untuk kali pertama di Kota Semarang selama 3 hari, mulai Jum’at hingga Sabtu (5-7 Maret 2010), bertempat di Gedung Grand Majesty, Jl. Gajah Mada. Dalam seminar ini aku bisa mengajak istri untuk mendapatkan wawasan tentang bisnis dan pengelolaan keuangan. Di samping itu beberapa kawan dari FOSI seperti Mas Cipto (Semarang), Mas Gatot (Ungaran), Mas Ali Murtopo dan Mas Zaeni (Jepara) bisa ikut dalam seminar ini. Dan sejumlah kawan dari Committer, dari KWE, dari UTHB juga terlihat mengikuti acara seminar ini.

Meski pada hari kedua aku tertinggal dan baru masuk jam 14.30 WIB, karena paginya harus memberikan training di SMA Negeri 1 Weleri Kendal, seminar ini tetap memberikan suatu alignment bagiku. Inspirasi baru untuk pengembangan diri baik dalam bisnis maupun public speaking. Disamping seminar kedua ini juga menambah kejelasan materi yang telah aku dapatkan.

Materi yang menarik untuk dicatat di sini adalah tentang money blueprint, strategi memiliki passive income, alasan yang kuat untuk sebuah perubahan, rencana kerja dan incantation.

Money blueprint, adalah upaya membangun mindset tentang uang, agar uang mengejar kita, menjadikan diri kita sebagai “money magnet”. Keyakinan yang keliru tentang uang bisa jadi akan membuat uang jauh dari kita. Meski kerja keras dan menghabiskan banyak waktu namun kita susah mendapatkan uang! Meluruskan keyakinan tentang uang dan kekayaan akan mempermudah kita mendapatkan uang dalam karir dan bisnis kita. Dalam materi money blueprint ini juga disampaikan 21 cara orang kaya berpikir dan bertindak berbeda dari orang miskin dan menengah. Materi ini hampir sama dengan materi yang disampaikan Ustadz Samsul Arifin dalam Pelatihan Hidup Berkah Hidup Berlimpah (HBHB).

Menetapkan goal atau tujuan dalam aktivitas bisnis yakni menuju pada financial freedom, yaitu suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi yang cukup banyak yang kita investasikan ke investasi yang aman dimana hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya yang kita inginkan.

Strategi untuk secepat mungkin bebas secara kekayaan dengan cara menaikkan passive income dan menurunkan pengeluaran. Adapun strategi untuk menurunkan pengeluaran dengan cara (1) menyederhanakan hidup, (2) menunda kesenangan. Sedangkan strategi untuk menaikkan passive income (1) fokus untuk membuat massive income baru hasilnya dialokasikan untuk membuat passive income, (2) fokus bersamaan aktif income dan passive income, dan (3) langsung fokus membangun passive income dengan kendaraan bisnis, properti, saham dan internet.

Rencana kerja membantu mengarahkan action plan, rencana tindakan untuk mewujudkan goal berupa financial freedom. Rencana ini merupakan rencana pribadi yang perlu disusun agar aktivitas kita lebih diprioritaskan pada impian pribadi masa depan.
Incantation merupakan affirmasi dengan memasukkan kata-kata positif yang akan menyemangati diri dalam melakukan tindakan dengan situasi dan kondisi yang bagaimanapun untuk pantang menyereh, terus berjalan dalam upaya mewujudkan impian. Sejumlah kata yang dicontohkan Mr. Tung “Tidak ada kata gagal, yang ada adalah sukses atau belajar“; juga “Semakin hari akan semakin sehat, semakin kuat, semakin kaya. Semakin kaya dan bijaksana, semakin kaya dan bahagia, kaya dan spiritual, kaya dan menolong banyak orang, kaya dan baik hati, dan seterusnya.”

Luar biasa seminar ini sangat menginspirasi banyak orang untuk hidup dengan lebih baik lagi. Semoga Allah bukakan kemudahan bagi kita semua untuk hidup lebih kaya, berkelimpahan dan penuh berkah. Amin!***(18 Maret 2010; 20.33)

No comments: