Friday, June 11, 2010

NLP For Excellence

Bertempat di salah satu kelas di lembaga pendidikan “Graha Wisata”, Jl. KH. A. Dahlan No. 23 Semarang. Selasa, 22 Desember lalu, alhamdulillah dapat terlaksana Training “NLP For Excellence”. Training basic sebagai kunci dari materi pelatihan motivasi, spiritual maupun bisnis ini diikuti oleh 11 peserta yang sebagian besar adalah anggota The Committer bimbingan Ustadz Samsul Arifin. Sebuah awal yang sangat bagus bagiku menyelenggarakan public training dengan basic Neuro-Linguistic Programming.

Sebenarnya training NLP di Semarang ini merupakan kali kedua. Sebelumnya aku pernah berikan training “NLP for Excellence” ini di kantor KUD Mintorogo Demak untuk para manager dan supervisornya.

Training ini terinspirasi dari pelatihan “A Practicing NLP Practitioner” yang aku ikuti, di bawah bimbingan Coach Steffanus Issac Tamsil, satu di antara 23 orang master training dunia yang direkomendasikan pengembang NLP Robert Dilt dan juga Coach Saiful Bahri yang mengembangkan NLP dengan rasa Budaya Indonesia.

Saat berbincang dengan Coach Saiful Bahri (Kang Puhong), beliau sempat bicara agar aku bisa berbagi materi NLP, terutama tentang konsep SDM yang dipahami kebanyakan orang dan bagaimana konsep SDM menurut NLP “Adakan saja training sehari, pasti banyak peminatnya”, katanya.

Akupun coba mempersiapkan materi dalam bentuk power point tentang NLP ini dengan pokok bahasan outcome, panca Indra (VAKOG), Sejarah NLP dan beberapa teknik yang digunakan NLP dalam menemukan solusi atas permasalahan yang sehari-hari dihadapi banyak orang sejumlah penjelasan aku ambilkan dari buku terjemahan “NLP For Personal Success” karya Stave Bavister dan Amanda Vickers.

NLP merupakan suatu kajian ilmu yang menarik untuk didalami sebagai upaya mengatasi setiap problem yang kita hadapi sehari-hari dalam berkomunikasi, berbisnis, pembelajaran, kepemimpinan dan lain-lain. Awal mengenal NLP aku dapatkan ketika mengenal sahabat Bambang Nugroho dan mengikut training-trainingnya, kemudian atas rekomendasinya aku membaca buku-buku karya Adi W.Gunawan.

Training Fire Walking “Life (R)evolution” sempat aku ikuti dengan trainer sahabat baru, Okky Sulistyo dan melalui lembaganya Victory Access Internasional aku bisa mengikuti training “A Praticing NLP Practitioner”. Selanjutnya sejumlah buku karya Wiwoho, Krisnamurti, Ibrahim Elfiky, Steve Bavister & Amanda Vikers dan buku NLP – The New Technology of Achievement karya Steve Andreas dan Charles Faulkner aku baca untuk menambah pemahaman tentang NLP ini.

Insya Allah aku akan terus mandalami NLP sebagai tool dan teknis untuk mencapai outcome yang aku tetapkan dalam perjalanan kehidupanku. Aku juga punya keinginan untuk bisa mengkuti training advant dari coach Steffanus dan Saiful Bahri dalam training “Basic Principle of Live Expanding” untuk semakin memahami NLP yang semakin menarik.

Banyak orang sukses seperti Anthony Robbin, Adam Khoo, Tung Desem Warungun, Wiwoho, Krisnamurti, Happy Trenggono, Samsul Arifin, Tommy Siawira, Anthony Dio Martin, Adi W Gunawan, James Gwe karena mereka mempelajari NLP dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan teknis dan pola-pola NLP, seseorang akan dengan mudah untuk terlepas dari stress, depresi, sedih yang menerus dan selanjutnya bisa menciptakan state atau keadaan yang nyaman, bahagia, enjoy, fun selalu optimis dan bersemangat sepanjang hari.

Sebagai seorang muslim yang beriman, tentulah aku tetap yakin bahwa NLP adalah sebuah ilmu yang merupakan ilmu dari Allah juga dan bagaimana sesungguhnya memanfaatkan ilmu tersebut untuk menjadi insan mulia yang mencintai dan dicintai Allah yang selalu hidup dalam keridhoanNya. Amin. (24 Desember 2009; 18.55)

No comments: