Saturday, May 8, 2010

Awaken The Giant in You!

Setelah bertemu kembali dengan Bp Supriyadi, Manager Utama KUD Mintorogo, untuk memberikan motivasi dan wawasan untuk pengembangan diri bagi para karyawan, saya tawarkan pelatihan bertitle “Awaken The Giant in You!”. Beliau menerima dan untuk pelaksanaanya perlu koordinasi dengan Bu Henny, Manager SDMnya.Pelatihan ini akhirnya disepakati dilaksanakan Sabtu, 21 Nopember kemarin, dengan mengambil tempat di Meeting Room Hotel Mulia Kudus diikuti sekitar 120 karyawan KUD Mintorogo dari seluruh cabang. Acara dimulai jam 08.30 WIB.

Setelah dibuka Pak Agus dan dipandu Arif, akupun masuk untuk mengelola forum. “Awaken The Giant In You” adalah ringkasan materi UTHB 3 hari yang aku kemas dan padatkan menjadi sekitar 8 Jam. Pertama aku sampaikan rumus formula perubahan C=(DxV+Fs)/R. Dimana C (Change) adalah tingkat perubahan yang akan terjadi ditentukan oleh D (Dissatisfaction) atau Rasa Ketidaknyamanan dalam diri, dikalikan V (Vision) atau kekuatan impian ditambah dengan Fs (First Step) Langkah awal perubahan diri, kemudian hasilnya dibagi dengan R (Resistance) atau besarnya hambatan yang menghalangi.

Dengan rumus di atas menunjukkan bahwa tingkat perubahan diri seseorang sangat bergantung dari besarnya dissatisfaction, kekuatan visi atau impian, langkah awal perubahan dan besarnya hambatan. Untuk menghasilkan perubahan yang besar harus memperbesar dissatisfaction dan visionnya, kemudian memperkecil hambatan hingga ketingkat 0, sehingga akan terjadi perubahan yang luar biasa (unlimited).

Selanjutnya aku minta peserta menuliskan orang-orang yang dengan tulus mencintai, berkorban untuk dia dan selalu berharap akan keberhasilan atau kesuksesannya. Mereka adalah kedua orang tuanya, suami/istri, anak-anak dan orang-orang dekat lainnya. Kemudian apa yang akan dia lakukan untuk membahagiakan orang-orang yang juga dia cintai dengan tulus itu? Itulah komitmen pribadi untuk menilai perubahan dalam hidupnya. Selanjutnya mereka juga aku jelaskan tentang konsep identitas diri, citra diri seseorang yang mencerminkan karakter orang2 sukses dan berhasil. Memiliki sifat dan sikap di atas garis seperti jujur, tanggung jawab, optimis, komitmen, ceria, bahagia, disiplin, pembelajar, beriman, dan sebagainya.

Bagaimana kondisi ideal yang mereka harapkan dalam hidup ini dan jika kelak mereka meninggal dunia, mereka ingin dikenal dan dikenang sebagai siapa? Inilah identitas atau citra diri yang perlu mereka labelkan dalam dirinya. Materi ini aku sampaikan hingga waktuk istirahat jam 12.00 WIB. Selanjutnya mereka makan, sholat dan istirahat hingga jam 13.00.

Jam 13.00 kembali masuk untuk untuk aku sampaikan penjelasan tentang visi atau impian mereka. Sebelumnya, aku jelaskan apa fungsi impian dan bagaimana impian itu disusun. Merekapun aku minta untuk menulis goal setting menyangkut to be, to do dan to have. Tentang mereka ingin menjadi apa (to be), mereka ingin melakukan apa (to do), dan mereka ingin memiliki apa?

Pada session terakhir aku berikan materi tentang belief, keyakinan yang menjadi prinsip yang mereka perjuangkan. Belief atau keyakinan-keyakinan palsu yang membelenggu harus dihapus dan kemudian membangun kembali belief atau keyakinan yang mendorong dan memacu dirinya untuk meraih impian dalam hidupnya.

Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan penuh semangat, mereka terlihat lebih ceria, bahagia dan penuh optimis menghadapi hari-hari ke depan yang labih cerah. Semoga kesuksesan dan keberlimpahan bisa mereka capai. Amin!*** (24 Nopember 2009; 19.37)

No comments: