Sunday, March 28, 2010

BUSINESS RICH CLASS by Heppy Trenggono

Pertemuan awal dengan pak Heppy Trenggono terjadi pada event “Alignment Training” yang diselenggarakan JNA Syariah Business Coaching (Ust Samsul Arifin) di SEAMEO Biotrop Kota Bogor pada 18 Oktober 2008. Beliau hadir memberikan materi “Financial Literacy” sebuah ilmu tentang “financial mastery” yang beliau dapat dari guru bisnisnya di Amerika yaitu Keith Cuningham. Heppy Trenggono adalah Pengusaha Sukses, founder & CEO United Balimuda Group, sebuah perusahaan multinasional yang menjalankan usaha dengan konsep dan landasan Syariah.

Kehadiran pengusaha asal Bawang Batang Jawa Tengah ini menjadi guru baru bagi komunitas The Committer, peserta Business Coaching yang diselenggarakan oleh Ust Samsul Arifin. Kedekatan kawan-kawan The Committer dengan pak Heppy karena barangkali kami satu daerah (Propinsi Jateng) dan juga memiliki visi yang hampir sama dalam mengembangkan bisnis secara syariah di Indonesia.

Sebagai pengusaha muslim yang telah sukses, pak Heppy ingin bisa memberikan inspirasi dan bimbingan bagi pengusaha pemula yang memiliki minat menjalankan bisnis syariah yang telah dipraktekkannya. Keahliannya dalam bisnis di dapatkan dari pengalaman lapangan dan bimbingan dari Keith Cuningham, seorang business coach dari Amerika, yang juga menjadi “Rich Dade”nya Robert T Kiyosaki. Setiap 6 bulan sekali p Heppy mengunjungi Keith untuk belajar dan sharing.

Pertemuanku kedua dengan pak Heppy, saat aku hadir dalam seminar bisnis sehari di hotel Metro di kawasan Johar Semarang, yang diselenggarakan oleh kawan-kawan The Committer (Joko Waluyo cs). Pada saat itu beliau sampaikan rencana pendirian Indonesian Islamic Business Forum (IIBF), sebuah forum untuk belajar bagi pengusaha muslim Indonesia. IIBF inilah yang kelak menjadi wadah bagi pak Heppy untuk bisa bertemu dengan pengusaha-pengusaha muslim untuk bisa berbagi ilmu dan pengalaman, kisah jatuh bangunnya dalam mengelola bisnis sehingga kini memiliki Asset lebih dari 2 trilliun. Panitia pun diminta kembali untuk menyiapkan pelatihan dua hari “Business Rich Class” yang digabungkan dengan rencana louncing IIBF.

Pada 8 – 9 Agustus 2009, acara tersebut dilangsungkan dan aku ikut hadir sebagai peserta. Acara “Business Rich Class” (BRC) ini juga dilaksanakan di Hotel Metro Johar Semarang. Materi yang sungguh bagus sebagai pedoman seorang pengusaha: Successful Millionare Business Formula beliau sampai dalam BRC ini.

Pertama, create peny-up demand. Cari order dulu baru dibuat bisnisnya. Sebuah bisnis tentu akan berjalan jika produknya dibutuhkan orang. Yang perlu dilakukan menurut pak Heppy, adalah jualan dulu suatu produk meski belum ada barangnya. Nah jika produk tersebut memang dibutuhkan dan terjual, yakni ada order, maka kita baru cari atau bisa ciptakan barang itu, dan bisnispun bisa kita jalankan.

Kedua, prepare management. Siapkan managemennya, dengan membantuk sebuah team yang solid, yang siap untuk tumbuh dan berkembang. Seleksi team manajemen tersebut dengan persyaratan : (a) passion (b) integrity (c) skill. Passion adalah kegairahan seseorang dalam suatu posisi atau bisnis yang dijalaninya. Integrity adalah suatu karakter yang dimiliki seseorang apakah jujur, tanggung jawab, bisa dipercaya karena akhlaknya yang mulia. Bagaimana karakter seseorang kita lihat dulu, bisa gak menjadi team kita dengan memiliki integritas yang tinggi. Skill adalah ketrampilan seseorang dengan posisi yang harus dia pegang. Dengan ketrampilan yang sesuai maka dia akan bisa bekerja. Manajemen yang kita siapkan harus dengan personal-personal yang memenuhi kriteria diatas.

Ketiga, create entry barrier. Bagaimana kita bisa membuat costumer/klien kita mengatakan “It’s will be crazy”. Gila produk in! Mereka akan merasa rugi jika tidak membeli produk yang kita buat. Sehingga produk bisnis kita selalu habis di pasaran.

Keempat, analyze risk/reward. Dianalisa dengan cermat setiap peluang atau tawaran bisnis yang masuk. Jangan asal ambil, yang di belakang hari ternyata sebuah proyek yang rugi! Perhitungkan kondisi proyek/peluang bisnis dan ambil yang resikonya kecil.

Beliau pun mengingatkan pada para pengusaha pemula, tentang 6 kesalahan yang akan membuat sebuah bisnis bisa banhkrut atau hancur. Pertama, obsession with the product. Terobsesi pada sebuah product yang belum disurvey. Terlalu yakin bahwa produk yang dibuat pasti laku di pasaran. Investasi besar-besaran pada pembuatan produk namun akhirnya tak bisa jualan karena tidak laku di pasar. Kedua, speed. Keinginan yang menggebu untuk mempercapat bisnis yang dijalankan. Tidak ada bisnis yang akan berjalan dengan kecepatan tinggi tanpa sebuah proses. Karenanya, tetap harus melalui tahapan, proeses step bya step untuk menjadi besar.

Ketiga, technical success. Seorang pengusaha jika dirinya hobby atau sangat suka terhadap ketrampilan teknis, misal seorang yang suka masak di dapur, maka dia tak akan sukses di bisnis kuliner. Seorang yang sangat suka mengotak atik mesin otomotive di bengkel, maka dia tak bisa sukses di bisnis bengkel. Karena sebuah bisnis bukan hanya masalah teknis, tetapi juga marketing, negosiasi, komunikasi, manajemen, finansial dan lain-lain. Semua itu harus menjadi perhatian bagi seorang pengusaha, bukan hanya masalah teknisnya!

Keempat, irrational exuberance. Kegmbiraan yang sangat besar secara irrasional. Jangan mengambil keputuusan bisnis secara emosional. Saat negosiasi gunakan kalkulator bukan emosi. Karena bisnis yang memberikan return yang fantastic harus disikapi dengan sangat hati-hati. Contohnya tawaran bisnis PT. Q-sar.

Kelima, lack of 2nd idea. Kekurangan ide kedua. Bisnis itu marketing dan inovasi. Karenanya seorang pengusaha harus selalu berinovasi dengan ide-ide baru yang kreatif. Setiap saat permintaan pasar selalu berkembang. Kalau kita tidak punya kreativitas dengan produk-produk baru, maka bisnis kita akan mati.

Keenam, run out of cash. Tidak ada cash in dalam bisnis kita. Jika penjualan besar-besaran terjadi tapi hanya dalam bentuk piutang, maka bisnis akan bisa bangkrut. Dana cash dari hasil saling produk bisnis kita harus ada untuk bisa menjalankan bisnis.

Inilah sebagian materi dari Business Rich Class by Heppy Trenggono yang sekaligus lounching IIBF. Sebuah ilmu bisnis yang luar biasa dahsyat. Tinggal menunggu actionnya! Insya allah. *** (14 Agustus 2009; 07.46)

No comments: