Tuesday, October 6, 2009

SQ For Excellence

Sebuah kebetulan yang membahagiakan. Aku tidak merencanakan langsung, kecuali sekedar action memanfaatkan peluang. Allah yang telah mempersiapkan dan menjalankannya untukku. Memberikan training SQ For Excellence di Resto Erigo, Jl. Kebangkitan Solo untuk seluruh karyawan Perusahaan Meuble PT. Yosogira Sragen.

Alhamdulillah, dalam sebuah acara presentasi untuk rencana pembukaan kelas baru KWE di Solo, aku ikut menyertai team management Pak Zaini – owner Komunitas Walet Emas (KWE). Setelah acara selesai dan kami serombongan siap kembali ke Semarang, aku siapkan kartu nama dan memberikan kepada beberapa Pengurus Asosiasi Pengusaha Meuble Surakarta yang akan menyelenggarakan kelas baru KWE di Solo.

Sekitar seminggu kemudian, aku dapatkan kabar gembira dari Pak Nor rahman, Koordinator Management KWE Semarang yang baru, aku diminta untuk menghubungi Bp. Mugiyanto, owner dan Direktur PT. Yosogira Sragen. Aku calling beliau dan deal, beliau minta aku memberikan training motivasi untuk karyawannya, bagaimana agar mereka semangat dalam bekerja. Yes! Aku terima order itu dan kami menyepakati untuk diselengarakan pada hari Kamis, 21 Mei 2009.

Secara umum problem management perusahaan adalah menghadapi karyawan yang mengeluh, bekerja berat, minta gaji naik, namun produktivitas jauh dari target. Problem ini menurutku karena komunikasi yang tidak lancar antara karyawan dan pihak manajemen, serta karena rendahnya motivasi karyawan dalam melakukan kerja. Sebagai seorang trainer, langkah awal untuk mengatasi problem tersebut adalah meluruskan kembali niat bekerja mereka, membangun etos kerja dimana kerja adalah wujud dari ibadah. Kemudian membangun model komunikasi yang clear antara manajemen dan karyawan dengan komunikasi by love.

Untuk itulah aku menyiapkan materi training spiritual dan etos kerja dengan judul “SQ For Excellent”, materi ini seperti trainingku yang lain, aku buka wawasan tentang potensi manusia yang Tuhan berikan, optimalisasipotensi tersebut dengan memanfaatkan subconciouse (alam bawah sadar). Selanjutnya nilai-nilai tentang AHLI SORGA sebagai value yang perlu dimiliki setiap orang untuk menjadi manusia -manusia unggulan aku tambahkan dalam materi training, disertai dengan beberapa video klip motivasi pendukungnya. Materi inilah yang aku bakukan untuk memberikan training motivasi dan etos kerja untuk korporat dengan durasi sekitar 5 jam.

Rabu sore, 20 Mei 2009 aku berangkat dengan Arif Chasanuddin dan Angga, diantar oleh Pak Nor Rohman. Kami datang ke workshop meuble milik Pak Mugiyanto yang ada di Boyolali sekitar jam 21.00 wib. Setelah bincang-bincang secukupnya kami di antar ke tempat penginapan di sebuah Hotel di Boyolali.

Pagi hari cuaca begitu cerah. Matahari menebarkan sinarnya ke bumi memberikan kehangatan bagi penghuni planet bumi. Jam 07.30 setelah sarapan kami berangkat menuju Solo bersama Pak Mugiyanto. Sampai di Resto Erigo, segera mempersiapkan pelaksanaan training. Kami cheking ruang dan peralatan multimedia. Petugas Resto mempersiapkan LCD Projector, layar, sound system dan memasang laptop. Seluruh peragkat kami coba. Oke, semua siap digunakan dalam even SQ For Excellence ini.

Jam 09.00 wib acara dimulai secara seremonial. Laporan panitia dan sambutan dari top management, kemudian coffe break. Sekitar jam 09.45 training dimulai dipandu oleh Arif dan selanjutnya aku turun untuk menyampaikan materi sesuai dengan yang telah aku siapkan.

Hasilnya alhamdulillah, dahsyat. Luar biasa. Mereka tersemangati. Wajah-wajah kelihatan cerah dan bahagia menikmati acara training ini. Pak Mugiyanto juga memberikan testemoni yang sangat positif sebagai berikut :

“Saya sangat merasakan manfaat yang cukup besar dalam pelatihan SQ ini, dan saya melihat perubahan besar terjadi dalam waktu yang sangat singkat, hanya dalam waktu 5 jam, banyak anak buah saya yang tadinya penakut menjadi pembarani, yang tadinya pendiam jadi berani menyampaikan isi hatinya, yang tadinya putus asa menjadi semangat, semua bisa langsung dilihat dan dirasakan. Kita jadi merasa senang, tenang dan punya cita-cita.”

Training ini diikuti oleh sekitar 120 peserta, karyawan PT. Yosogira Sragen. Sementara itu sekitar 110 karyawan PT. Mugiharjo juga segera disiapkan untuk mendapatkan training yang sama. Kedua perusahaan ini milik Pak Mugiyanto seorang pengusaha meuble yang tinggal di Boyolali.

Alhamdulillah, training berikutnya pun diselenggarakan di tempat yang sama, Resto Erigo Solo pada Senin, 8 Juni 2009. Hasilnya juga dahsyat luar biasa. Terima kasih ya Allah, Engkau telah beri kesempatan padaku untuk berbagi pencerahan dan motivasi!*** (12 Juni 2009, 01.24)

No comments: