Saturday, August 29, 2009

The Committers

Keinginan untuk selalu tumbuh dan berkembang (growth) baik sebagai personal, trainer maupun dalam bisnis menuntut sebuah komitmen. Banyak orang yang ingin maju dan sukses, namun hanya sedikit yang bisa benar-benar sukses. Mereka yang benar-benar sukses adalah yang memiliki komitmen untuk sukses. Untuk bisa mencapai sukses, untuk meraih impian yang diinginkan (outcome), kita membutuhkan seorang guru atau pembimbing (coach). Coach inilah yang akan membimbing, mengarahkan dan memberikan inspirasi sukses pada kita. Dan terhadap outcome yang telah kita tetapkan, kita harus menjadi orang-orang yang berkomitmen untuk mencapai kesuksesan (disebut sebagai The Committers).

Business coaching (BC) yang diselenggarakan oleh Dinar Coach International merupakan program bimbingan lanjutan Pembelajaran Praktis UTHB dan HBHB. Alhamdulillah, aku sudah mengikuti 2 program awal UTHB dan HBHB, tinggal mengikuti program lanjutan BC. Keinginan tersebut sudah lama muncul, sejak dibukanya program BC di Semarang. Lantaran persiapan biaya belum ada, maka keinginan itu tinggal sebagai keinginan. Baru pada program BC angkatan ke 3 di Semarang (atau angkatan 9 secara nasional) inilah aku memutuskan untuk ikut. Insyaallah masalah biaya investasinya, Allah akan kasih jalan. Dengan keyakinan itulah akhirnya aku daftar untuk bisa ikut BC.

Alhamdulillah program dimulai Kamis, 2 April 2009 dengan 25 peserta lainnya yang sebagian besar para pengusaha yang telah menjalankan bisnisnya. Aku sendiri ingin mendapatkan bimbingan dalam menjalankan bisnis yang sementara ini adalah sebagai seorang trainer lewat SQ Learning. Dalam pertemuan pertama ini, disamping penjelasan mengenai aturan main dalam program BC, dibahas juga mengenai materi yang akan kami dapat selama setahun. Ada 4 kelas atau tingkatan yang harus kami lalui. Pertama kelas MASTERY selama 3 bulan pertama, nanti kami akan dibimbing untuk melakukan Eliminate Chaos dengan self mastery, distenation mastery, priority mastery, delivery mastery dan money mastery.

Kedua kelas NICHE, untuk melakukan Eliminate Competition dengan memahami 300 tip bisnis untuk mendapatkan ceruk pasar. Selanjutnya ketiga adalah kelas LEVERAGE, kami akan dibimbing untuk mengungkit bisnis dengan berbagai cara untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan income. Dan terakhir adalah kelas SINERGY yang akan memadukan seluruh potensi, baik system maupun team bisnis sehingga bisnis yang kami jalankan akan menjadi mesin pencetak ung bagi kami, para business owner. Waoww .. luar biasa!

Pertemuan pertama ini nantinya akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya setiap 2 pekan sekali pada hari Rabu jam 10.00 sampai dengan jam 13.30 wib selama setahun. Aku sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa secara rutin mengikuti kelas business coach ini.

Hingga saat ini, aku sudah mengikuti pertemuan di kelas Committer selama 4 kali pertemuan, dengan materi yang selalu inspiratif. Disamping materi yang disampaikan sebagai landasan teori, kamipun mendapatkan home fun yang bisa langsung diaplikasikan dalam business kami. Dan alhamdulillah semua kami jalankan dengan sangat enjoy. Home fun yang harus kami kerjakan adalah terkait dengan perbaikan mindset kami dengan peningkatan karakter (BE) kami, yang akan menjadi prasyarat bagi seorang business owner untuk menjalankan bisnisnya. Kemudian home fun tentang fondamental of business yang mengeksplore landasan bisnis yang nantinya akan menjadi strong way bagi kami untuk menjalankan bisnis.

Home fun yang langsung berhubungan dengan lembaga bisnis adalah menyusun Visi, missi dan Core values. Kemudian juga home fune Elignment yang akan membuat orang mengenali bisnis kita lebih jelas dan akhirnya mereka akan menjadi costumer kiami dan untuk supporting bagi bisnis kami.

Sebuah program yang luar biasa, bagaimana kami menyiapkan sebuah bisnis berkelas dunia, sebuah bisnis yang akan bisa dijalankan puluhan tahun bahkan bisa dilanjutkan oleh generasi penerus kami. Jika bisnis ini sudah bisa berjalan , maka kami tinggal untuk urusan lain, jalan-jalan dan liburan keluar negeri misalnya. Alhamdulillah ya Allah aku bersyukur kepadamu bahwa Engkau telah menciptakan diriku sebagi business owner yang sukses. Amin.! *** (18 Mei 2009; 10.42)

No comments: