Monday, August 24, 2009

Motivation & Quantum Learning '09

Sabtu, 11 April lalu merupakan jadwal terakhirku untuk memberikan training “Motivation & Quantum Learning” bagi pelajar kelas akhir SMP/SMA di Jawa Tengah ini. Sekitar 300 siswa SMP Negeri 2 Kendal, disertai wali kelasnya masing-masing mengikuti dari awal sampai akhir training yang aku berikan di Ruang Rapat BAPPEDA Kab. Kendal.

Mereka terlihat antusias duduk mendengarkan materi yang kusampaikan, menonton klip-klip yang aku putar dan aktif terlibat dalam relaksasi dan visualisasi untuk membangun semangat dan impian sukses mereka.

Aku selalu merasakan kebahagiaan, selalu menemukan “magic moment” yang menyenangkan hati untuk berbagi motivasi dan membangkitkan semangat pada para pelajar yang hadir dalam kelas-kelas training yang aku selenggarakan. Ini kurasakan dalam setiap training yang aku berikan dalam rangka Sukses Ujian Nasional tahun 2009 ini.

Sebagai sebuah catatan, training yang telah kami laksanakan menjelang Ujian Nasional 2009 ini ada 14 lembaga sekolah, SMP/SMA dengan total peserta sekitar 3.500 siswa. Terdiri dari: SMA PGRI 04 Kendal (700), SMA 1 Sukorejo – Kendal (15/1 ; 240), SMPN 12 Semarang (23/1; 240), SMAN 01 Rowosari – Kendal (28/1; 110), SMAN Cepiring – Kendal (19/2; 230), SMAN 04 Semarang (24/2; 380), SD-SMP Jepara di rumah Bp. Nurhadi (1/3; 10), SMPN 1 Sawangan – Magelang (21/3; 210), SMPN Pegandon – Kendal (24/3; 240), SMAN 01 Pegandon – Kendal (27/3; 210), MTsN 1 Kudus (28/3; 390), SMPN 3 Salatiga (4/4; 200); SMAN 02 Salatiga (6/4; 310) dan SMPN 2 Kendal (11/4; 300)

Alhamdulillah, kepercayaan dari sejumlah sekolah tersebut, telah memantapkan langkahku dalam dunia pertrainingan. Aku bersyukur pada Allah dengan prestasi yang aku dapatkan ini. Training motivasi yang aku berikan ini merupakan training dasar, membuka wawasan bagi para siswa untuk mengenali potensi dirinya, mengoptimalkan potensi itu untuk bisa belajar dengan enjoy dan akhirnya bisa lulus dalam Ujian Nasional.

Tahun ajaran baru 2009/2010 nanti aku akan menyiapkan training untuk penerimaan siswa baru. Disamping itu aku juga akan menyiapkan bimbingan bagi para siswa untuk menjadi siswa-siswa unggulan.

Program ini memang aku persiapkan untuk membantu meningkatkan motivasi siswa, keseriusan siswa dalam belajar yang akan membantu mereka untuk meningkatkan prestasi studi mereka. Bukan itu saja, saatnya kini membangun kualitas anak didik dan menyelematkan remaja dan generasi muda Indonesia hidup menjadi lebih baik, bahagia dan suskes dalam pendidikan, karir dan masa depan mereka. Dan kelak semoga mereka juga dapat menginspirasi bagi kebangkitan, kebahagian dan kesuksesan hidupn generasi berikutnya.

Kuncinya hanya satu, bagaimna siswa bisa hidup terlepas daribelenggu masa lalunya, memiliki cita-cita atau visi sukses di masa depan, maka mereka akan mampu memanfaatkan waktunya untuk aktivitas yang akan mendukung visinya. Mereka pun akan melakukan aktivitas dengan senang, berbahagia, dengan prioritas yang telah mereka tetapkan sebagai impian sukses di masa mendatang. Mereka akan selalu menjaga cara berpikir mereka dengan senantiasa berpikir positif (positive thinking), berperasaan positif (positive feeling) dan melakukan tindakan atau action yang positif pula!

Mudah-mudah program ini akan banyak mendapatkan dukungan dari tokoh pendidik, para pejabat di bidang pendidikan dan lembaga pendidikan di Indonesia ini. Amin! *** (20 April 2009; 16.27)

No comments: