Tuesday, February 10, 2009

Financial Revolution by Tung DW

FINANCIAL REVOLUTION BY TUNG DW

Keinginan yang kuat untuk bisa ikut seminar Financial Revolution by Tung Desem Waringin, akhirnya dapat mengantarkanku untuk bergabung bersama sekitar 3.000-an peserta dalam seminar yang digelar di Jitec Mangga Dua Square Jakarta pada hari Senin – Rabu, 1-3 Desember 2008 lalu. Bersama Arif Chasanuddin, salah seorang mahasiswaku yang aku rekrut sebagai marketing manager di SQ Learning, aku berangkat ke Jakarta pada hari Minggu pagi dengan Fajar Utama dan sampai Jakarta, kami langsung ke tempat tinggal Ida, saudara sepupuku yang tinggal di Jakarta.

Selanjutnya Senin paginya, aku berangkat untuk bisa sampai lokasi seminar sebelum jam 07.00 agar bisa registrasi ulang. Bincang-bincang dengan peserta lain sebelum mulai acara, menambah banyak kenalan yang bisa menjadi networking untuk pengembangan bisnisku. Alhamdulillah selalu menarik untuk berbincang dengan orang-orang dan kenalan baru. Aku lakukan semua dengan perasaan nyaman, enjoy dan fun!

Sekitar jam 09.00 pintu ruang seminar dibuka dan kami langsung masuk, duduk di kursi yang telah disediakan. Acara diawali dengan olah raga dengan dance yang diiringi masuk dan kami larut di dalamnya. Pak Tung masuk dan melatih gerakan-gerakan menarik semacam ice breaking untuk membuat kami peserta semangat. Ada gerakan guncang bumi, dimana peserta diminta meloncat-loncat dengan kedua tangan diangkat di atas kepala, kemudian dilanjutkan dengan geakan wuussss ...., tangan kiri ke depan, tangan kanan di belakang lalu disatukan dengan sebuah tepuk tangan dengan mengucapkan wuuuuusssss ..... yes......wow! Gerakan yang sungguh membangkitkan semangat, menjadi anchoring dan menghilangkan rasa kantuk.

Kemudian beliau sampaikan jika kita berharap keinginan kita dipenuhi, maka sebelumnya kita harus memenuhi keinginan orang lain terlebih dahulu. Semakin banyak kita memenuhi kebutuhan banyak orang maka akan semakin banyak orang lain yang akan memenuhi kebutuhan/keinginan kita. Ini merupakan sebuah hukum alam yang berlaku dimana saja.

Belajar financial Revolution adalah belajar tentang pengelolaan uang secara cerdas, sehingga pada akhirnya uang yang kita miliki bekerja untuk kita dan jadilah peternakan uang, membuat pasive income. Pengelolaan awal adalah dengan belajar alokasi aset, pengelolaan bisnis, kaya dengan bisnis properti dan peluang-peluang bisnis lain yang bisa membuat kita kaya raya! Dua hal yang harus dipegang agar kita tetap bertahan dalam bisnis adalah pertama, Tuhan, dengan meyakini dan memberikan pengorbanan secara tulus, dan kedua, menuruti hukum alam yang diciptakan Tuhan.

Untuk memulai proses financial revolution, perlu melakukan bermacam perubahan yaitu merubah (rencana) hasil secara konsisten, merubah tindakan dengan menjadikan habit secara positif, merubah keputusan, merubah pikiran dan emosi, serta semua diawali dengan mengubah Money Blue Print atau blief system.

Selanjutnya 102 questionare yang berisi tentang pandangan seseorang atas uang, kebudayaan, investasi dan bisnis harus kami isi yang kemudian dibahas dengan meluruskan persepsi atas uang tersebut, agar peserta tidak keliru dalam memahami uang, kekayaan, investasi dan bisnis tersebut. Menurut pak Tung DW, satu-satunya cara untuk merubah secara permanen dunia luar kita adalah kita harus merubah dunia dalam pandangan kita. Harus merubah mindset kita dengan mindset positif, minset sukses, mindset kaya raya dan berkelimpahan.

Keyakinan adalah aturan dalam hati atau identitas yang kita anggap benar. Sebetulnya keyakinan tidak ada yang benar, tidak ada yang salah. Keyakinan adalah cara pandang kita akan suatu hal yang demikian kuat dalam pikiran kita. Kita tidak melihat dunia seperti apa adanya, kita hanya melihat dunia seperti yang mau kita lihat.Untuk bisa mengetahui keyakinan kita, lihatlah hidup kita. Kita akan bertindak atau tidak bertindak sesuai dengan keyakinan yang mendominasi di pikiran dan hati. Dan tindkan inilah yang membawa hasil.

Keyakinan seseorang atau disebut sebagai belief system itu datang atau terbentuk dari (1) program kata-kata yaitu sesuatu yang didengarnya, (2) modelling apa yang dilihat, serta (3) kejadian emosional yang dialami. Terhadap belief system yang menghalangi seseorang untuk maju dan berkembang, perlu dilakukan pemrograman ulang agar mendorongnya untuk melangkah maju, take action dalam mencapai sukses, kaya raya dan berkelimpahan.Pemrograman atas belief system adalah dengan mengikuti atau memodel bagaimana orang kaya berpikir dan bertindak dalam kehidupannya, yang jelas-jelas berbeda dengan orang miskin dan menengah. Cara-cara yang dilakukan orang kaya tersebut dalam seminar financial revolution ini sebagian besar sudah pernah akau dapatkan pada pelatihan Hidup Berlimpah Hidup Berkah (HBHB) yang difasilitasi oleh Ust. Samsul Arifin.

Pada bagian lain Pak Tung DW juga menyampaikan enam tingkatan kondisi keuangan berdasarkan konsep Wealth Mastery Anthony Robbins, yaitu :

Pertama, financial protection, suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai cukup uang untuk mengcover pengeluaran bulanan minimal untuk masa 2 – 24 bulan. Kedua, financial security, suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi cukup banyak, yang kita investasikan dalam investasi yang aman, hasilnya mencukupi kebutuhan angsuran rumah, makan, listrik, gas dan air, transportasi, asuransi, pajak tanpa harus bekerja lagi. Ketiga, financial vitality, suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi yang cukup banyak yang kita investasikan dalam investasi yang aman, hasilnya mencukupi kebutuhan yang lebih tinggi lagi, termasuk untuk pendidikan anak, entertainment plus baju baru, satu atau dua barag mewah.

Keempat, financial independen, suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi yang cukup banyak yang kita investasikan dalam investasi yang aman dimana hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup persis dengan gaya hidup kita sekarang tanpa harus bekerja lagi seumur hidup. Kelima, financial freedom, suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi yang cukup banyak kita investasikan ke investasi yang aman dimana hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya hidup yang kita impikan. Keenam, absolute financial freedom, suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi yang cukup banyak yang kita investasikan dalam investasi yang aman dimana hasilnya kita yakin bahwa kita bisa melakukan secara nyata apapun yang kita inginkan, kemanapun yang kita inginkan dan dengan siapapun yang kita inginkan.

Inilah sebagian dari materi seminar yang masih terekam dalam catatan hasil seminar financial Revolution. Menarik, menginspirasi dan mendorongku untuk melangkah terus menuju sukses, kaya raya dan berkelimpahan. Insya Allah! (16 Desember 2008, 19.07)


1 comment:

Unknown said...

salam hangat dari SMA Cepiring Kendal, terimakasih atas layanan SQL-nya tanggal 19 Pebruari Kemarin, dan laporan dari kegiatn tersebut dapat dilihat di http://smacepiring.wordpress.com/2009/02/23/sq-learning-bersama-novel-salah-satu-strategi-moral-menghadapi-ujian-nasional-2009/