Wednesday, December 4, 2013

Alignment Day

Bersama dua orang tim INSAN MULIA Bussiness School (IBS) yaitu Pak Agus Budianto dan Arif Chasannudin, saya hadir dalam acara “Alignment Day For Your Team” yang diselenggarakan oleh Dinar Coach International, Rabu, 27 April 2010 di Hotel Pandanaran Semarang.
Acara yang di ikuti oleh para peserta the committer Semarang dan sebagian dari Yogya, dengan para staff dan karyawan ini di pandu oleh The Master : Edy Darmoyo. Acara ini sekaligus sebagai penutup Bussiness Coaching yang kami ikuti di samping untuk memberikan pencerahan dan motivasi untuk meningkatkan pengelolaan bisnis para peserta.
Ustadz Syamsul Arifin mengawali acara ini dengan mengingatkan agar setiap personal baik owner maupun karyawan harus memberikan kontribusi 100% bagi pengelolaan perusahaan dan menjalankan tugas yang diamanahkan. Kontribusi dan partisipasi 100% akan bisa menumbuhkan dan meningkatkan hasil bisnis yang dijalankan. Sebuah bisnis dalam perjalanan waktu, akan mengalami sebuah proses yaitu growing (bertumbuh) atau dying (mati/bangkrut). Karenanya bisnis yang kita jalankan harus selalu growing, perusahaan mesti selalu growing. Apa keuntungannya jika perusahaan selalu growing? Mengapa harus selalu tumbuh dan berkembang? Menurut Ustadz Syamsul, pertama dengan bertumbuhnya bisnis kita hari ini, maka otomatis secara natural, kesejahteraan akan meningkat.
Kedua, kejelasan karir dan masa depan karyawan terjamin, tumbuh dan berkembangnya perusahaan akan menjamin income yang meningkat, order meningkat, butuh sdm baru, jenjang karir baru terbuka, dengan penghasilan yang meningkat pula, sehingga masa depan karyawan pun akan semakin cerah. Sebaliknya perusahaan yang dying tidak akan memberikan kepastian karir dan masa depan.
Ketiga, kenyamanan dalam bekerja di perusahaan yang growing, setiap orang akan bisa bekerja dengan nyaman, karena tidak akan muncul kehawatiran dan kecemasan perusahaan akan tutup dan karyawan harus mencari pekerjaan di perusahaan yang lain.
Keempat, membuka lapangan kerja baru. Pada perusahaan yang growing, ada peluang terbukanya lapangan kerja baru. Dengan demikina kita kan bisa membantu lebih banyak orang, dengan mengajak mereka bekerja pada perusahaan yang growing ini.
Kelima, hanya perusahaan yang growing lah yang lebih dipercaya oleh pelanggan. Jika seseorang membeli sebuah produk atau jasa, tentu pada perusahaan yang tumbuh dan berkembang.
Keenam, bekerja pada perusahaan yang growing sebagai seorang yang beriman, kita akan lebih tenang dalam beribadah.
Menurut Ustadz Syamsul, pata the Committer yang baru menyelesaikan programnya selama setahun ini kini sedang membangun bisnisnya. Sebuah perusahaan akan bisa growing tumbuh dan berkembang jika memenuhi empat syarat : pertama, memiliki budaya yang kuat, meliputi clear vision, sharp mission, dan life core values Kedua, pengelolaan keuangan yang kuat, meliputi adanya profitable, liquidity (Cash Flow) lancar, dan free dari Dept dan Riba.
Ketiga, organisasi yang kuat sehingga menjadi perusahaan yang dikagumi (admired), sebagai pusat pemimpin (leader centre) dan memberikan manfaat lebih (extra benefit).Keempat, operasional yang kuat yakni effektif dan effisien dalam operasionalnya dan excellent.
Acara yang dimulai jam 13.00 siang ini berakhir sekitar jam 17.30. Alhamdulillah banyak yang telah saya dapatkan dalam acara alignment day ini. Dan sebagai rangkaian dari acara Bussiness Coaching yang telah saya ikuti selama setahun, saya merasa semakin mantap utuk menjalankan bisnis yang saya rintis. INSAN MULIA Bussiness School sebagai lembaga baru yang saya dirikan hasil dari mengikuti prorgam Bussiness Coaching ini. Dan lewat INSAN MULIA Bussiness School ini saya akan berbagi ilmu yang telah saya dapatkan bagi banyak orang, Insya Allah !!*** (7 Mei 2010)

No comments: